TIPS MENDEKORASI GORDEN/TIRAI DAN MEMILIHNYA

Tips Memilih Gorden Dan Mendekorasinya

Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya seperti halnya saya seorang desener Gorden. Sudah hal yang biasa ketika kita merenovasi interior ruang, kadang kita juga mengganti gorden dengan tipe yang terbaru. Tetapi sering sekali tidak tahu ingin mengganti gorden dengan model, tipe dan bahan material yang seperti apa.

Seperti yang kita ketahui gorden biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau penghubung antar ruangan. Salah satu fungsi gorden adalah sebagai penghalau agar aktivitas di dalam ruangan tidak terlihat atau sekedar pembatas. Fungsi lainnya juga mampu mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan dan juga menghalau debu. Sinar matahari yang terik dapat mengganggu kenyamanan penghuni dalam ruangan juga dapat merusak perabot yang ada di sekitarnya.

Untuk mendapatkan suasana atau nuansa tertentu dalam suatu ruangan, anda dapat memilih model, motif dan warna gorden yang sesuai. Tetapi untuk mengantisipasi kebingungan dalam memilih ada baiknya mempertimbangan beberapa hal dibawah ini.

1. Mengenal Tema Dari Ruang Anda

Dalam tahapan ini, anda harus lebih peka terhadap tema semua ruangan anda (Apakah bertema desain klasik, tradisional, minimalis, modern tradisional, futuristik, dll). Apabila pada awal perencanaan tema desain ruangan telah ditentukan, maka hal ini akan sangat memudahkan di dalam pemilihan tipe korden pada masing-masing ruang.

- Model Minimalis




Untuk ruangan bergaya minimalis. Gorden model ini umumnya terbuat dari kain polos (tidak bermotif) atau motifnya kecil-kecil sehingga kain terlihat “bersih”. Atau tipe dan warna gorden dengan motif yang bersifat sederhana dengan bentukkan simple atau dengan menggunakan warna-warna natural yang solid. Karena gaya ini lebih mengutamakan tekstur dan rel gorden sengaja di ekspos

- Gaya Klasik Dan modern




Untuk yang bergaya klasik. Pilihan warna gorden yang selaras dengan warna ruangan sehingga menampilkan kesan teduh, nyaman dan selaras. Untuk motif, anda dapat memilih gorden dengan motif renda bunga atau lainnya, sesuai dengan nuansa ruangan yang diinginkan. Ingat bahwa dalam hal ini kreatifitas juga sangat penting dalam setiap dekorasai yang dikerjakan. Hindari penggunaan gorden dengan bahan kain yang berat, gantilah dengan bahan yang lebih lembut dan ringan, seperti satin.

- Gaya Modern Tradisional / Ekletik





Untuk ruang dan kamar yang bertema modern tradisional (ekletik), anda memadu padankan motif bergaya tradisional atau pemilihan bahan dan warna yang mengarah kepada warna solid yang natural mendekati warna alam, seperti broken white, warna putih gading, warna jerami, dll.

- Model Ruang Anak-anak





Saran untuk gorden pada kamar anak, ikut sertakan mereka di dalam pemilihan motif karena akan memberikan rasa kepemilikkan dan personal sehingga mereka ikut merawatnya. Untuk anak yang masih berusia 6 s/d 15thn, motif sesuaikan dengan minat bakat mereka.

- Menentukan Point Of Interest pada Ruang




Pada tahap ini, anda harus mengenali Point of Interest (sisi daya tarik ruang yang ditonjolkan) pada ruangan. Ini bertujuan agar gorden yang anda pilih tidak bertabrakkan atau bersaing dengan Point Of Interest, sehingga akan mengesankan keharmonisan dan tidak terkesan ramai.

Pemilihan Gorden juga dapat sesuaikan dengan warna dinding dan furniture yang ada disekitarnya. Anda juga dapat menyesuaikan model gorden dengan desain rumah. Contohnya, jika rumah Anda bergaya klasik, Anda dapat memilih gorden dengan model dengan desain yang rumit. Sedangkan jika rumah Anda bergaya minimalis, pilihlah model gorden yang memberikan kesan simple/sederhana.

Apabila di dalam ruang anda tidak memiliki Point of Interest, maka anda dapat menjadikan gorden sebagai Point of Interest. Pilihlah material yang memiliki motif yang memikat dan menarik untuk korden tetapi tetap selaras dengan tema ruang. Dalam hal ini penentuan warna, model dan motif menjadi hal yang penting. Dan beranilah bereksperiment dengan ide-ide anda.

- Menentukan tipe Gorden / Tirai

Selain menyaring sinar matahari dan debu, Gorden/tirai merupakan elemen dekoratif yang mendukung kecantikan desain ruangan. Sentuhan akhir, seperti tassel, penting diperhatikan. Pilihlah desain gorden sesuai kebutuhan.

Menurut sifatnya, ada 2 jenis tirai, yakni tirai dekoratif dan tirai full-operate. Tirai dekoratif tidak harus dibuka dan ditutup, misalnya sheer. Sedangkan tirai full-operate bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, misalnya tirai dan kerai

Berikut beberapa macam tirai yang perlu Anda tahu:


  1. Kerai / Wooden Blind



    2.  Tirai Geser / Gorden

Gorden Dua Nako/Jendela Rp. 400,000



Tirai geser lebih populer dengan nama gorden. Gorden biasanya dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Bahan untuk Gorden bisa bervariasi, seperti linen yang tebal dan terkesan berat, sutra yang lembut, beludru yang elegan, damask yang polos, tenun eksotis, atau bahan bertekstur. Warna dan motif penting diperhatikan. Sesuaikan dengan dekorasi keseluruhan.

3. Tirai Lipat
Tirai jendela terbuat dari kain yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara sebagai berikut :






Makmur Jaya Gorden menjual berbagai jenis dan model gorden (gordyn, korden atau hordeng) untuk rumah, kantor, rumah sakit, hotel, sekolah dan lain-lain seperti gorden minimalis, gorden klasik, vitrage, vertical blind, roller blind, wood blinds,
 horizontal blind, roman shade,asesoris gorden.
kami juga menyediakan sesoris rumah, taplak meja, makan,tamu, tutup, sange, yogma,kipas,aqua, kulkas, bermacam merek spre, beck coper , bermacam
 sarung bantal dan peralatan bayi, Kain sarung, selimut
  Kami melayani survey ke lokasi.
 Perwakilan Aceh 
Jalan Pajak Pagi Kualasimpang Aceh Taming
No Hp 082367295162
Facebook: Ridwan (Makmur Jaya Gorden)
Pin :5A51BBE0
 http://queengorden.blogspot.com













1 Response to "TIPS MENDEKORASI GORDEN/TIRAI DAN MEMILIHNYA"

  1. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat tirai?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus